Get me outta here!

Selasa, 19 November 2013

Perkembangan Prosesor


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pada era yang maju ini semua kegiatan dan pekerjaan yang kita lakukan setiap hari selalu berhubungan dengan mesin-mesin yang mempermudah dan mempercepat pekerjaan ataupun kegiatan kita, begitupun dengan hal-hal yang berhubungan  dengan teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri merupakan segala hal yang berkaitan dengan proses penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Alat bantu utama dalam teknologi informasi sendiri adalah seperangkat komputer.
Komputer merupakan sebuah mesin yang dapat menerima, mengolah, dan menyimpan data. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan komputer sangatlah cepat yang dimulai dari komputer generasi pertama (1946-1959) yang memiliki ciri khas bentuknya yang besar, memori penyimpanan yang kecil dan membutuhkan banyak daya listrik, hingga komputer generasi kelima yang berbanding terbalik dengan komputer generasi pertama.
Dalam perkembangan komputer juga tidak lepas dari perkembangan kecepatan pengolahan data dari komputer tersebut, selain dari aspek bentuk dan kapasitas penyimpanan. Komponen yang sangat berperan dalam kecepatan proses pengolalahan data adalah sebuah prosesor. Menurut Eritristiyanto (2010) processor adalah Chip yang sering disebut dengan Microprocessor yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Dengan ukuran tersebut merupakan hitungan kecepatan processor dalam mengolah data ataupun suatu informasi.
Dalam pembuatan makalah ini penulis mencoba untuk membahas tentang perkembangan processor dari era komputer generasi pertama hingga generasi kelima yang masih dikembangkan sampai sekarang agar bisa membantu lebih mudah memahami perkembangan kecepatan pengolahan data dari sebuah komputer.




1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka rumusan makalahnya adalah:
1.      Bagaimana peran processor dalam kecepatan  komputer?
2.      Bagaimana perkembangan processor dari generasi pertama hingga sekarang?
1.3  Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi tujuan pada penulisan makalah ini antara lain adalah:
1.      Untuk mengetahui peran processor dalam kecepatan komputer.
2.      Untuk mengetahui perkembangan processor dari generasi pertama hingga sekarang.


















BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Peran Processor dalam Kecepatan Komputer
Processor (Eritristiyanto,2010) adalah Chip yang sering disebut dengan Microprocessor yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Dengan ukuran tersebut merupakan hitungan kecepatan processor dalam mengolah data ataupun suatu informasi.
Processor adalah perangkat keras yang terdapat pada motherboard yang berfungsi dalam mengendalikan dan mengatur proses yang terjadi didalam sebuah komputer. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Processor menentukan kecepatan proses yang dilakukan oleh suatu komputer. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f =1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8detik. 
 Sederhananya processor merupakan suatu otak dalam komputer yang menentukan proses apa yang akan dilakukan oleh komputer dengan kemampuan yang dimilikinya sesuai aspek dasar yang ditanamkan pada awal pembuatan prosesor tersebut. Misalnya otak manusia dengan otak pada simpanse tidak sama dalam kemampuan berpikir dan kecepatan berpikir, hal tersebut dikarenakan oleh aspek dasar yang ditanamkan sejak awal pembuatan sudah berbeda meskipun DNA dari simpanse hampir sama dengan manusia.
Faktor- faktor yang mempengaruhi terhadap kecepatan processor ada 3 yang meliputi kecepatan internal (internal bus), kecepatan eksternal (external bus) dan kapasitas memori cache (cache memory). Pertama adalah kecepatan internal yaitu dalam bahasa umumnya biasa dikenal dengan CPU speed yang dimana semakin cepat kecepatan internal maka semakin cepat proses pengolahan data yang dilakukan oleh komputer. Selanjutnya yaitu kecepatan eksternal dimana kecepatan eksternal ini harus didukung oleh kecepatan motherboard yang dikenal dengan front side bus (FSB), misalnya apabila kecepatan eksternal CPU 400 HMz maka motherboard harus memiliki kecepatan yang sama agar selaras untuk mendapatkan kecepatan yang optimal, dan yang terakhir merupakan kapasitas memori cache yang dimana memiliki ketentuan apabila semakin besar kapasitas memori cache maka kemampuan komputer secara keseluruhan akan meningkat.
Tiga faktor yang mempengaruhi kecepatan dari processor meliputi kecepatan internal, kecepatan eksternal dan kapasitas momori cache tidak dapat dipisahkan dikarenakan ketiga komponen tersebut merupakan suatu kesatuan yang harus diselaraskan dan dipenuhi untuk mendapatkan kecepatan yang optimal dari suatu processor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar