BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan dan
kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat
pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia
dapat kita nikmati dalam hitungan detik.
Pada saat "Zaman
Batu" teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang
tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini
kita harus dapat memanfaatkannya.
Kebutuhan manusia khususnya teknologi informasi sangatlah penting karena bisa mengetahui berbagai informasi baik informasi di dalam negeri maupun di luar negeri, dan kita juga bisa mengetahui kegiatan dan info teman kita melalui jejaring social sebagai bentuk teknologi informasi yang mudah di buat dan besar manfaatnya, namun dalam hal ini kitapun harus memikirkan dampak-dampak negatifnya.Dalam memenuhi kebutuhan teknologi informasi kita setidaknya harus memahami dan mengetahui arti serta data-data maupun nama jejaring maupun aplikai yang akan digunakan untuk informasi.
Kebutuhan manusia khususnya teknologi informasi sangatlah penting karena bisa mengetahui berbagai informasi baik informasi di dalam negeri maupun di luar negeri, dan kita juga bisa mengetahui kegiatan dan info teman kita melalui jejaring social sebagai bentuk teknologi informasi yang mudah di buat dan besar manfaatnya, namun dalam hal ini kitapun harus memikirkan dampak-dampak negatifnya.Dalam memenuhi kebutuhan teknologi informasi kita setidaknya harus memahami dan mengetahui arti serta data-data maupun nama jejaring maupun aplikai yang akan digunakan untuk informasi.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana sejarah tentang teknologi
informasi dan komunikasi?
2.
Bagaimana dampak positif dan negatif dari
teknologi informasi dan komunikasi terhadap kehidupan manusia?
3.
Bagaimana kegunaan teknologi informasi dan
komunikasi terhadap manusia?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Tentang Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan
cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi
Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua,
peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia
arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET.
Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari
sekedar menggambarkan keadaan sampai taktik bertempur. Berikut ini adalah
sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi manusia;
1.
Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan
manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk
yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada
dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini
mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar
lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian
mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka
dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan
sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.
Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan
digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang,
terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi
peringatan terhadap bahaya.
2.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi
teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih
digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat
khusus, dan mahal!
3.
3000 SM.
Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa
sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai
huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang
berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
4.
2900 SM.
Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph
merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang
berbeda, yang ketifka digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan
dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju
dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
5.
500 SM.
Serat Papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas
yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini
menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel
dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai
media informasi.
6.
105 M.
Bangsa Cina menemukan Kertas. Kertas yang
ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal
sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci
kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan sistem
pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan
dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem Cap.
7.
Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
a. Tahun 1455.
Mesin Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa
diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang
pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.
b. Tahun 1830.
Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia
berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang
didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran
dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang
pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat
digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.
c. Tahun 1837.
Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir
William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2
tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut.
Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat
yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat
diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh
jarak dan waktu.
d. Tahun 1861.
Gambar bergerak yang peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di
gunakan sebagai cikal bakal film sekarang.
e. Tahun 1876.
Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.
f.
Tahun 1877.
1.
Alexander Graham Bell menciptakan dan
mengembangkan Telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
2.
Fotografi dengan kecepatan tinggi
ditemukan oleh Edweard Maybridge.
g. Tahun 1899.
Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama.
h. Tahun 1923.
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
i.
Tahun 1940.
Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa
Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan
dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
j.
Tahun 1945.
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.
k.
Tahun 1946.
Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.
l.
Tahun 1948.
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.
m. Tahun 1950.
1. Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan
pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping
kecil kristal silikon.
2. USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan
yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika
membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen
Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi
dalam bidang Militer.
3.
Tahun 1962.
Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan
suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman
dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir.
4.
Tahun 1969.
Sistem jaringan yang pertama
dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California,
SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of
Utah.dengan kekuatan 50Kbps.
5.
Tahun 1972.
Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama
6. Tahun 1973 – 1990.
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian
dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan
nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science
Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps
untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF
mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara;
DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
7. Tahun 1991- Sekarang.
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam
menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992
pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web
oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan
Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh
AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi
(oleh General Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat
cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi
bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai
diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini
memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan
penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
B. Dampak Positif dan
Negatif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi berkembang sangat cepat seiring dengan perkembangan zaman. Kehidupan
manusia tidak luput dari penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi. Dampak
perkembangan teknologi sangat signifikan, masyarakat sudah
tergantung dengan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini menyebabkan
mobilitas informasi sangat cepat, kejadian dari berbagai belahan dunia bisa
kita nikmati secara langsung.
Tapi di sisi lain perkembangan teknologi membawa
dampak yang negative bagi masyarakat, utamanya bagi perkembangan generasi muda.
Dengan teknologi seperti layanan internet sangat banyak konten-konten yang
tidak sepantasnya dilihat dan diakses oleh anak-anak di bawah umur. Hal ini
mengakibatkan perkembangan mental dan psikologi anak-anak kita menjadi
terganggu dan tidak sedikit anak-anak kita yang rusak karena teknologi.
Teknologi bagi beberapa kelompok merupakan sebuah
lahan pasar yang sangat ideal untuk meraup keuntungan yang banyak.
1.
Dampak Positif Teknologi Informasi dan
Komunikasi :
a.
Internet sebagai media komunikasi,
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna
internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia dari
anak-anak hingga manula.
b.
Media pertukaran data, dengan menggunakan
email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para
pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat
dan murah.
c.
Media untuk mencari informasi,
perkembangan internet yang pesat.
d.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di
internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
e.
Bisa digunakan sebagai lahan informasi
untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
f.
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam
bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat
penawaran/penjualan.
g.
Dengan internet, kita dapat memperbaharui
informasi yang setiap detiknya dapat di update. dampak teknologi informasi,
dampak negatif teknologi informasi, dampak positif teknologi informasi, dampak
teknologi informasi dan komunikasi, pengaruh teknologi informasi
2.
Dampak Negatif Teknologi Informasi da
Komunikasi
Melalui media komputer. Begitu dahsyatnya kelebihan,
kemudahan, dan kesenangan yang ditawarkan oleh sarana-sarana dalam komputer dan
internet, ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak negatif dalam penggunaan
komputer. Berikut adalah uraiannya:
a.
Ketergantungan
Media komputer memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon segala
stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya, membuat
penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa
nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa menggunakan komputer sebagai
pelepas stress dengan bermain gamesyang ada.
b.
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang
tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet,
pornografi pun merajalela. Begitu banyak situs-situs pornografi yang ada di
internet, meresahkan banyak pihak terutama kalangan orang tua yang khawatir
anak-anaknya akan mengonsumsi hal-hal yang bersifat porno. Di internet terdapat
gambar-gambar pornografi yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang
untuk bertindak kriminal. Ironisnya, ada situs-situs yang memang menjadikan
anak-anak sebagai target khalayaknya. Mereka berusaha untuk membuat situs yang
kemungkinan besar memiliki keterkaitan dengan anak-anak dan sering mereka
jelajahi.
c.
Antisocial Behavior.
Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan komputer
adalah antisocial behavior. Dimana pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli
kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan komputer. Selain itu,
pengguna komputer tersebut tidak peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya,
satu-satunya yang dapat menarik perhatiannya hanyalah komputer saja. Orang akan
menjadi lebih jarang berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga
kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Lama
kelamaan, seseorang akan sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan
orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan
menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan
sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.
C.
Kegunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi Terhadap Manusia
TIK dengan kemampuan untuk mendistribusikan informasi
secara cepat, dari satu tempat ke tempat yang lain yang berjauhan, tentu saja
memberikan manfaat yang sangat berarti dalam kehidupan manusia. Berikut ini
dijelaskan manfaat penerapan TIK.
1.
Globalisasi
Dengan hadirnya TIK, orang-orang yang tersebar di dunia
bisa saling bertukar informasi atau berinteraksi dengan cepat dan effisien,
tidak tergantung pada lokasi mereka ataupun perbedaan bahasa yang mereka
gunakan sehari-hari. Seorang siswa yang tinggal di daerah yang terpencil bisa
mengambil informasi atau memperoleh pengetahuan yang sebenarnya terletak ribuan
atau ratusan ribu kilometer darinya. Sebagai contoh, seorang yang ingin beli
buku yang ada di luar negri cukup mendatangi warung internet, jika tidak punya
akses di rumah atau di kantor, dan melakukan pemesanan karena penjual membuka
toko buku online.
2.
Kemudahan Berkomunkasi
Dengan buatan TIK, setiap orang dapat berkomunikasi dengan
cepat,
murah dan efisien. Orang bisa menggunakan komunikasi tidak
langsung seperti surat elektronis, komunikasi langsung melalui chatting,
ataupun bertatap muka secara elektronis melalui videokonferensi.
3.
Dukungan Pembelajaran
Banyak program komputer yang ditujukan untuk mempermudah
orang dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun bahasa asing. dengan dukungan
multimedia, ilmu-ilmu yang sering dianggap sulit dapat disajikan dalam bentuk
atau cara yang membuat orang senang mempelajarinya. Sesuatu materi juga dapat
dipelajari dengan komputer tanpa harus menginstal program karena program ditauh
pada penyedia dan kita cukup mengunjungi situs webnya.
4.
Penghematan Biaya
Pebisnis dapat menggunakan TIK untuk menjalankan bisnis
dengan harapan dapat melakukan penghematan biaya sehingga bisa menjual produk
dengan lebih mudah dan meningkatkan kompetisi dengan pesaing. Berbagai
perusahaan bisa saling bekerja sama untuk bertukar informasi secara otomatis
sehingga tidak perlu melibatkan orang lain secara khusus. Mesin otomatis dapat
bekerja menggantikan peran manusia sehingga produksei menjadi lebih mudah dan
kualitas seragam bisa diperoleh.
5.
Penghilangan Kendala Waktu
Dengan dukungan TIK, perusahaan dapat melayani pelanggan
selama 24 jam sehari. Perusahan dapat mengoperasikan bisnis tanpa kendala
waktu. Nasabah bank bisa mengambil uang kapan saja dengan cukup mendatangi
mesin ATM. Bank pun tidak perlu menggaji tellet untuk bekerja 24 jam nonstop.
Mobile banking memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi atau melihat saldo
dari mana saja, Sekalipun mungkin ia sedang berada di hutan atau negara lain
yang tidak menyediakan ATM bank bersangkutan
6.
Peningkatan Layanan
TIK dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan kepuasan
pelanggan. ATM, mobile banking, toko online merupakan salah satu bentuk
peningkatan layanan kepada pelanggan. Perbaikan layanan tersebut diharapkan mampu
menjaga loyalitas pelanggan. Banyak pemerintah kita atau kabupaten yang
menyelenggarakan e-gov dalam rangka memberikan kemudahan dalam melayani
masyarakat atau pebisnis.
7.
Peningkatan Produktivitas Kerja
TIK juga dapat digukana untuk meningkatkan produktivitas
kerja sehingga pekerja dapat memberikan sumbangan berarti yang lebih banyak
kepada institusi tempat mereka bekerja. Hal – hal yang menjemukan seperti
melakukan perhitungan kredit dapat dialihkan ke komputer dan pekerja dapat
memanfaatkan waktunya untuk berfikir ke hal0hal yang lebih produktif atau
meningkatkan kreativitasnya sehingga lebih memberi manfaat bagi perusahaan.
8.
Pencitpaan Lapangan kerja Baru
TIK telah membuka banyak lapangan kerja baru sehingga
penjaga warnung internet, tenaga pemasar, pemrogram dan ragam tenanga khsusu
yang dibutuhkan keterampilan. Pada saat ini banyak istilah spesialis yang
terkait dengan dunia TIK, seperti analis sistem, desainer sistem, webmaster,
dan system engineer.
9.
Penggantian Pekerjaan yang Beresiko
TIK dapat pula dimanfaatkan untuk menangani aktivitas yang
membahayakan jiwa manusia, misalnya pada pengecoran logam atau pada penanganan
limbah. Contoh lain yang menarik telah dilakukan oleh badan Antariksa Amerika
Serikat (NASA). Pada 4 December 1996, NASA mengirimkan pesawat tanpa awak ke
planet mars. Misinya adalah melakukan analisa terhadap atmosfer, cuaca dan
kondisi tanah di planet tersebut. Pesawat ini membawa robot berbentuk kendaraan
yang diberinama Sojourner atau bebatuan Sojourner Rover dan dapat melakukan penelitian
terhadap bebatuan di Planet Mars. RObot ini dapat mengirimkan gambar-gambar
yang diamati ke bumi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Beberapa dampak positif dan negativ dari teknologi
informasi dan komunikasi kita jadikan pertimbangan bagaimana kita harus
menggunakan informasi terutama penggunaan teknologi-teknologi informasi dan
komunikasi yang sedang popular saat ini. Seperti internet, hand phone dan
televisi
B. Saran
Segala bentuk aplikasi maupun data dari teknologi
informasi dan komunilasi yang sudah ada semuanya sangat bermanfaat bagi kita,
namun beberapa orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan teknologi
tersebut untuk hal-hal yang negative yang merugikan orang lain. Untuk
mengantisipasi hal ini mungkin perlu adanya internet police ( polisi internet)
agar terus berpatroli sepanjang 24 jam untuk melindungi pengguna teknologi
informasi bisnis.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar