Get me outta here!

Rabu, 04 Desember 2013

Bioinformatika Perikanan Budidaya


RINGKASAN
Bioinformatics tools in predictive ecology: applications to fisheries
Allan Tucker1, and Daniel Duplisea2 Author
2012


Bioinformatika telah berkembang dari tahun ke tahun dan merevolusi cara kita menganalisa data biologi molekular . Kemajuan teknologi diiringi dengan kemajuan alat yang menunjang menganalisa data-data tersebut dalam bidang bioinformatika.

Dalam bidang perikanan bioinformatika sangat bermanfaat dalam menentukan keturunan, penyebaran, dan analisa biomass dalam suatu perikanan untuk menentukan keadaan suatu perairan.  Terdapat beberapa teknik dalam bioinformatika sepert teknik clustering yang sangat populer untuk mengidentifikasi kelompok gen dengan profil ekspresi yang sama. Hal ini memungkinkan ahli biologi untuk mengidentifikasi fungsi gen yang sebelumnya tidak diketahui.

Penerapan teknik cross-over yang digunakan dalam bioinformatika untuk mengetahui keadaan suatu perairan dengan melakukan pendekatan terhadap perairan lain yang memiliki kesamaan , seperti pemilihan fitur , klasifikasi , jaringan Bayesian (BNS ) dan khususnya sebuah adaptasi dari algoritma yang sebelumnya dikembangkan untuk memanfaatkan ketersediaan beberapa dataset yang bertujuan untuk mengidentifikasi spesies yang melakukan peran fungsional yang sama dalam komunitas ikan yang berbeda.  

à contoh, satu spesies dapat bertindak sebagai predator lain yang mengatur populasi di satu lokasi , namun spesies lain dapat melakukan peran yang hampir sama di lokasi lain .
Jika kita dapat memodelkan fungsi interaksi daripada spesies itu sendiri , data dari daerah yang berbeda dapat digunakan untuk mengkonfirmasi hubungan fungsional utama , untuk menggeneralisasi seluruh sistem dan untuk memprediksi dampak dari kekuatan-kekuatan seperti perubahan iklim .






Tidak ada komentar:

Posting Komentar